PENGANTAR BISNIS
INFORMATIKA
Kelompok 5
Anggota
kelompok :
·
Noldy Febby Inaldo 58414005
·
Rahardian Albani W 58414762
·
Rendy Rizky 59414050
·
Rian Aditama 59414217
·
Ridho Nastainullah 59414295
·
Rinto Irawan 59414447
·
Wildan Irwanda 5c414235
·
Tri ardi fauzi 5A414826
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2017
IDENTITAS PERUSAHAAN
NAMA : DELTA GROUP
ALAMAT : JALAN MARGONDA RAYA NOMOR 101
NOMOR TELP :
021-70139854
EMAIL : deltagroupdepok@gmail.com
RINGKASAN
EKSEKUTIF
Delta group adalah perusahaan yang bekerja dalam bidang periklanan
yang membantu pengiklan (produsen) dalam menangani perumusam rencana
periklanan (promosi), membuat perencanaan, desain, materi, dan pemasangan
iklan berdasarkan perintah, informasi, dan persetujuan dari pihak pengiklan
(produsen).
|
TUJUAN
Tetapkan tujuan kita, misal pangsa pasar, penjualan, dan
keuntungan. Yakinkan bahwa
tujuan tersebut kongkrit, dan terukur. Tujuan harus menunjukkan tingkat penjualan atau
keuntungan, persentase gross margin, laju pertumbuhan, atau pangsa
pasar yang ingin diraih. Hindari penggunaan tujuan yang tidak jelas, misal “menjadi yang terbaik” atau
pertumbuhan yang cepat, Kita sebaiknya menetapkan
paling sedikit tiga tujuan..
·
Menyediakan
jasa yang inovatif sesuai kebutuhan pelanggan.
·
Menjaga
profesionalitas, kreatifitas dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan klien,
karena “Kepuasan Anda Adalah Kepuasan Kami”.
|
PERNYATAAN
MISI
Pernyataan misi mengekspresikan tujuan tertinggi dari perusahaan kita, misalnya menyediakan layanan ke industri
tertentu, menyebarkan teknologi
baru, atau
meningkatkan pendidikan. Jika
perusahaan kita mempunyai misi, nyatakan
secara sederhana dalam satu atau dua kalimat.
Menjadi perusahaan yang unggul, maju dan
terpandang di bidang advertising.
|
PERUSAHAAN
Buat ringkasan perusahaan
dengan menjelaskan secara jelas apa yang dijual, melalui
saluran distribusi apa, dan
dijual ke siapa/mana.
Sebuah perusahaan periklanan
lokal dengan nama PT Delta pada tahun 2015. Tahun 2016 merupakan pijakan
awal delta dalam meretas langkah-langkahnya sebagai perusahaan periklanan
di Jakarta.
Disini perusahaan
delta menawarkan beberapa jenis iklan sperti iklan
direct advertising, selfserive adverticing, dan video adverticing.
|
KEPEMILIKAN
PERUSAHAAN
Jelaskan kepemilikan perusahaan kita. Apakah
partnership, sole proprietorship, atau corporation? Pakah dimiliki publik atau perorangan?
Perseroan Terbatas (PT/ Korporasi /Korporat) :
perusahaan yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh dua orang
atau lebih dengan tanggung jawab hanya berlaku pada perusahaan tanpa
melibatkan harta pribadi dan anggota pemegang saham terbatas pada saham
yang dimilikinya.
|
SEJARAH PERUSAHAAN
Sebutkan kapan perusahaan didirirkan, oleh siapa, dan dengan tujuan apa..Bagaimana
perusahaan berkembang setelah itu? Dimana kita merelokasi kantor, mengembangkan lini
produk atau perubahan signifikan lainnya ? Ingatlah untuk memasukkan informaso mengenai penjualan, barang/jasa,
dan pasar yang dilayani serta bagaiman hal-hal tadi berubah
atau berkembang sepanjang waktu. Jika perusahaan kita baru, nyatakan mengapa
kita memutuskan memulai berbisnis.
PT Delta adalah sebuah perusahaan periklanan local
yang didirikan pada 10 Desember 2015 di Depok. Perusahaan ini didirikan
oleh Rinto Irawan beserta dua orang temannya setelah lulus dari dunia
perkuliahan. Pada awalnya PT Delta hanya sebuah perusahaan jasa periklanan
kecil yang hanya memiliki 3 orang pekerja, dan menggunakan sebuah kontrakan
untuk tempat bekerja. Kini perusahaan .
Delta telah memiliki sebuah gedung perkantoran sendiri dan telah
memperkerjakan lebih dari 500 pegawai, dan memiliki cabang di beberapa
daerah di Jabodetabek. Dimulai dari pembuatan brosur untuk klien-klien
kecil, dan pada tahun 2016 dengan maraknya periklanan di media social,
merupakan batu loncatan bagi PT Delta untuk meningkatkan perkembangan jasa
dengan meluncurkan jasa periklanan melalui media online. Kini PT Delta
telah menjadi salah satu perusahaan periklanan besar yang telah mencapai
beberapa penghargaan, salah satunya ialah Best Advertising 2016 dan Best
Advertising 2017 se-Jabodetabek.
|
LOKASI DAN FASILITAS PERUSAHAAN
Jelaskan dengan ringkas kantor dan lokasi
perusahaan, sifat dan fungsinya, luas, status
penyewaan,
dan informasi mengenai fasilitas lainnya.
Kantor dari PT Delta terletak di Jl. Margonda Raya
No.101, Depok, Jawa Barat.
Kantor ini memiliki 6 lantai, dengan luas bangunan
1500 M2 . Status
kepemilikan dari bangunan kantor adalah milik dari PT Delta, dan memiliki
fungsi untuk percetakan di lantai 2, di lantai 3 adalah divisi advertising
media online, dan sisanya adalah ruang perkantoran untuk bagian humas,
keuangan, dan manager serta atasan. Memiliki fasilitas ruang olahraga dan
kesehatan, serta ruang hiburan yang diharapkan dapat meningkatkan
produktivitas para pegawai. Gedung ini juga memiliki system pencahayaan dan
sirkulasi udara yang bagus, menjadikan gedung kantor PT Delta menjadi salah
satu yang terbaik untuk para pekerja.
|
PRODUK/JASA
Paragraf ini
merupakan ringkasan barang dan jasa yang ditawarkan. Ringkasan kita harus
point-point-nya saja. dan menjelaskan
barang
dan jasa kita. Jelaskan bagaimana barang/jasa saling melengkapi satu
sama lain atau dijual bersamaan, jika ada.
Barang dan jasa yang kami tawarkan adalah
Periklanan dan Jasa Promosi produk anda. Periklanan dapat dilakukan mulai
dari pembuatan brosur, baliho, sampai iklan online di beberapa media
social, seperti Facebook, Instagram, dan media social lain yang anda
inginkan.
|
DESKRIPSI BARANG
DAN JASA
Buat List barang dan
jasa secara individual dan jelaskan bagaimana barang/jasa
tersebut bermanfaat untuk pelanggan.
·
Barang/Jasa 1
Pembuatan Brosur untuk mempromosikan produk klien.
Anda akan mendapatkan peningkatan penjualan produk anda apabila menggunakan
jasa pembuatan brosur ini, karena brosur yang dihasilkan sangatlah menarik
dan meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk atau menggunakan
jasa anda.
|
·
Barang/Jasa 2
Pembuatan Baliho atau Spanduk. Pilihan ini amat
cocok untuk anda yang ingin produk atau jasa anda dilihat oleh banyak
orang, tentunya akan meningkatkan penjualan produk atau jasa anda. Desain
dari Baliho atau Spanduk yang kami sedikan, amat menarik dan memberikan
informasi yang jelas tentang produk atau jasa anda.
|
·
Barang/Jasa 3
Pembuatan iklan online di media social. Pilihan ketiga
ini adalah jenis baru dari dunia periklanan, dimana kami menggunakan media
social untuk mempromosikan produk atau jasa anda. Kami menggunakan platform
media social seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan beberapa media
social lain sesuai keinginan anda. Pilihan ini adalah jasa terbaik yang
kami sediakan untuk anda, guna meningkatkan pendapatan dari jasa atau
produk anda.
|
KARAKTERISTIK DAN PERBANDINGAN KOMPETITIF BARANG/JASA
Jelaskan karakteristik bersaing utama
dari
barang/jasa kita. Mengapa
orang-orang
membeli barang/jasa kita dibandingkan yang lain? Apakah kita menawarkan yang lebih
baik untuk karakteristik,
harga,kualitas, atau pelayanannya? Jelaskan sifat penjualan yang khas
yang memberikan daya saing.
Pembuatan brosur, spanduk, baliho dan iklan
menggunakan kata – kata yang persuasif dan informatif. Jasa kami memberikan
harga yang cukup hemat biaya dan tentu tanpa mengurangi kualitas.
|
LAYANAN KONSUMEN/TINDAK LANJUT LAYANAN
Jelaskan bagaimana
kita menawarkan pelayanan terhadap barang/jasa yang kita jual Jika
perusahaan kita hanya menawarkan jasa, rubahlah judul diatas dengan tindak lanjut
layanannya dan jelaskan bagaimana kita menyediakan dukungan terhadap pelanggan. Juga masukkan jam operasi atau kebijakan garansi.
Perusahaan kami menawarkan jasa yang kreatif inovatif
dan mengutamakan kepuasan pelanggan. Kami sangat terbuka dan senantiasa
membantu apabila ada masalah terhadap jasa kami. Jam operasi untuk keluhan
pelanggan dari jam 09.00 sampai jam 17.00, serta perusahaan kami memberikan
garansi sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan dengan pelanggan.
|
ANALISIS PASAR
ANALISIS INDUSTRI
Informasi yang kita sediakan disini akan menentukan bagian peramalan pasar
nanti. Identifikasi dan jelaskan
segmen pasar yang mempengaruhi bisnis kita. Gunakan sumber informasi standar
untuk membuat
evaluasi
terhadap trend pasar
saat
ini
yang mempengaruhi rencana pemasaran
kita.
a.) Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya produk-produk baru
yang muncul di berbagai bidang, dalam hal ini khususnya untuk periklanan
berbagai macam produk, maka kami yakin usaha ini akan tetap maju. Karena
kebutuhan dan permintaan akan berbagai macam iklan dikalangan
perusahaan-perusahaan yang akan memasarkan produk mereka dengan skala kecil
ataupun berskala besar.
b.) Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey
yang ada bahwa perusahaan bidang periklanan sangat menjamur dengan
persaingan dilakukan antara perusahaan periklanan lokal dan asing.
Persaingan tersebut menjadi tidak sehat karena terindikasi dengan adanya
perang tarif, yakni berlomba menawarkan agency fee serendah mungkin kepada
perusahaan pengiklan. Tahun 2007 prosentase atas periklanan sebesar 38,3%.
Dimana merupakan gambaran kemampuan finansial yang dimiliki oleh suatu
perusahaan periklanan yang menjadi tolak ukur untuk menetapkan suatu
perusahaan periklanan menempati posisi dominan.
c.) Segmentasi Pasar
“PT.Delta” membidik pasar kelas
menengah dan menengah ke bawah, dengan membantu pengiklan (produsen) dalam
menangani perumusam rencana periklanan (promosi), membuat perencanaan,
desain, materi, dan pemasangan iklan berdasarkan perintah, informasi, dan
persetujuan dari pihak pengiklan (produsen). Dengan menargetkan audiens anda,
mengukur iklan anda, menargetkan kapan melakukan advertising dengan sumber
yang baik, mendapatkan promo untuk konsumen yang telah melakukan kerja sama
kepada kami, memanfaatkan media sosial secara efektif, serta mengumpulkan
dan menjaring banyak data pelanggan.
|
d.) Segmentasi Pasar
“PT.Delta” membidik pasar kelas
menengah dan menengah ke bawah, dengan membantu pengiklan (produsen) dalam
menangani perumusam rencana periklanan (promosi), membuat perencanaan,
desain, materi, dan pemasangan iklan berdasarkan perintah, informasi, dan
persetujuan dari pihak pengiklan (produsen). Dengan menargetkan audiens
anda, mengukur iklan anda, menargetkan kapan melakukan advertising dengan
sumber yang baik, mendapatkan promo untuk konsumen yang telah melakukan
kerja sama kepada kami, memanfaatkan media sosial secara efektif, serta
mengumpulkan dan menjaring banyak data pelanggan.
|
PERAMALAN PASAR/ PASAR SASARAN
Diskusikan posisi perusahaan kita dikaitkan dengan perusahaan lain dalam relung pasar.
Garis bawahi unsure kunci, termasuk ukuran pasar
dan proyeksi pertumbuhan pasar kita.
Posisi perusahaan kami dalam relung pasar adalah
sebagai badan usaha yang membantu perusahaan besar ataupun perusahaan
berkembang dalam membuat periklanan seperti iklan media (televisi, internet
) pembuatan brosuur yang berkaitan untuk mempromosikan produk ataupun
perusahaan lain. Ukuran pasar perusahaan kami mencangkup perusahaan dengan
produk apapun yang di jual massal maupun tidak dengan proyeksi pertumbuhan
pasar yang berjalan lurus dengan perkembangan perusahaan yang membutuhkan
jasa periklanan.
|
KUNCI UNTUK SUKSES
Identifikasi keunikan atau nilai jual utama yang dibutuhkan untuk sukses di pasar..
Faktor kunci tersebut, misalnya kualitas, harga, atau seleksi akan menentukan kesuksesan bisnis kita. Isilah setiap
kotak dibawah dengan satu factor bersaing, dan jelaskan
bagaimananilai jual berkaitan
dengan sasaran pelanggan tertentu.
·
Kualitas Bersaing 1
Pada produk kami memiliki beberapa kualitas khusus
meliputi :
a.) Presentasi umum
Periklanan yang bersifat umum untuk
memberikan semacam keabsahan pada produk dan menyarankan tawaran yang
terstandarisasi.
b.) Tersebar Luas
Periklanan yang berskala besar akan
menyiratkan hal yang positif tentang ukuran, kekuatan, dan keberhasilan.
c.) Ekspresi yang lebih kuat
Periklanan memberikan peluang untuk
mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, suara,
dan warna yang penuh seni.
d.) Tidak bersifat pribadi
Audiens tidak merasa wajib untuk
memperhatikan atau menanggapi. Iklan kami hanya mampu melakukan monolog,
bukan dialog dengan audiens.
|
·
Kualitas Bersaing 2
Faktor harga berperan penting dalam pemasaran
sebuah produk periklanan. Dimana ditandai dengan persaingan monopoli atau
oligopoli. Didalam penetapan harga, produk kami mengikuti prosedur yang
telah ditetapkan ,yaitu dengan memaksimalkan keuntungan jangka pendek dan
unggul dalam kualitas produk, menentukan kurva permintaan pasar periklanan
pada periode tertentu, perusahaan menguji dan mengambil harga pesaing
sebagai dasar penetapan harga jual, perusahaan memilih salah satu dari
metode harga, dan menentukan harga akhir dengan mempertimbangkan berbeagai
reaksi yang mungkin timbul dari distributor, dialer, tenaga penjualan
perusahaan, pesaing dan pemerintah. Serta memiliki harga promosi untuk
konsumen yang telah menjadi member dari perusahaan kami.
|
STRATEGI BISNIS DAN IMPLEMENTASI
Sebutkan strategi umum perusahaan dan jelaskan
bagaimana kita akan mengimplementasikannya dalam program bisnis
yang efektif.Tentukan apakah
strategi kita didasarkan
teknologi baru, barang baru, atau
sifat produk baru; atau apakah
kita memfokuskan pada
pemasaran, distribusi,
dan pelayanan yang lebih baik. (Sajikan
hanya satu strategi bisnis)
·
Strategi yang dijalankan perusahaan kami adalah dengan melakukan promo dan
juga mengikuti tender dari perusahaan lain, promosi dapat dilakukan dengan
memberikan harga yang dapat menarik
dan pelayanan juga kinerja yang terjamin sehingga vendor tertarik
untuk terus menggunakan jasa perusahaan kami dengan begitu akan terjalin kepercayaan
antar perusahaan.
·
Strategi didasarkan pada teknologi baru,barang baru dan sifat produk
karena perusahaan kami akan menyesuaikan dengan kepentingan periklanan
klien nantinya.
·
Perusahaan kami akan memfokuskan kebidang pemasaran produk dari klien kami,
dengan membantu produk atau jasa yang akan klie kami pasarkan.
|
PERIKLANAN
Jelaskan
bagaimana kita merencanakan periklanan
atau memasarkan
bisnis
kita. Termasuk berbagai brosur, iklan cetak, iklan radio, atau strategi lain yang
direncanakan dilaksanakan.
Periklanan nya dengan cara memposting di web PT
delta sendiri disitu kita membuat informasi se detail mungkin untuk
pelanggan paham produk apa saja yg kita jual, selain memposting di web kita
juga membuat baliho atau reklame.
|
STRATEGI PEMASARAN
Pada saat menjelaskan strategi, lebih
menekankan pada bagaimana
membuata
perusahaan kita lebih
spesial
atau
khas.
Misalnya,
strategi
pemasaran
kita
akan memfokuskan pada segmen pasar tertentu. Atau, mengkhusukan
pada saluran khusus dalam mendistibusikan produk,; pada produk baru yang merupakan solusi baru dalam
mengatasi masalah yang ada; atau pada cara baru dalam mempromosikan barang/jasa. Apa yang
akan perusahaan kerjakan
supaya lebih baik dibandingkan perusahaan lain?
Bagaimana kita menggunakan periklanan
untuk memasarkan produk ke konsumen?
Setiap perusahaan pasti berlomba-lomba memiliki
trik jitu dalam memasarkan produk seperti halnya pada perusahaan ini yang
memiliki taktik dengan cara memasarkan melalui media internet dan juga
media lainnya
|
RENCANA PENJUALAN
Jelaskan bagimana
kita menjual produk kita.
Sebagai contoh,
apakah kita akan menjual secara eceran, partai besar, melalui internet, pesanan melalui surat, atau telpon? Akankah kita menggunakan
tenaga penjualan? Bagaimana tenaga penjualan dilatih
dan bagaimana mereka diberi
kompensasi?
Dengan cara memasang iklan pada situs yang
memiliki traffic visitor yang besar. Untuk setiap karyawan baru yang
bekerja di perusahaan tersebut akan mendapatkan pelatihan atau training
khusus demi meningkatkan pelayanan prima untuk pelanggan. Jika terdapat
keluhan dari pelanggan, karyawan yang mimiliki standar service excellent
yang kurang maka akan diberikan pelatihan tambahan oleh perusahaan
tersebut.
|
ALIANSI STRATEGIS
Jelaskan bagaimana perusahaan
kita menangani pemasaran bersama,
pengembangan bersama, komisi, dan perjanjian
kerjasama. Dapatkan kita mengkaitkan promosi kita atau strategu
distribusi dengan perusahaan lain yang akan meningkatkan
posisi perusahaan kita?
·
Cara meningkatkan mutu perusahaan adalah dengan adanya kerja sama yang
baik antar perusahaan yang mana secara tidak langsung pemasaran jasa
perusahaan kami dapat berkembang akibat adany kualitas dan kinerja yang
telah diberikan dari perusahaan kami terhadap klien. dengan begitu
diharapkan munculnya kerjasama berkelanjutan dan sebagai ajang promosi
untuk perusahaan lain menggunakan jasa perusahaan kami yang sudah terbukti
kinerjanya
·
Posisi suatu perusahaan dapat naik jika adanya kesan dari klien yang
merasa terbantu dengan adanya perusahaan kami dan merasa puas atas kinerja
perusahaan kami. Oleh karena itu kinerja dan mutu perusahaan selalu
dikedepankan demi kepuasan klien.
|
ORGANISASI
Tunjukkan jumlah pegawai
dan manajemen dalam perusahaan kita. Juga, sebutkan jumlah
pendiri perusahaan. Akankah perusahaan akan
dibagi dalam departemen? Jelaskan.
Jumlah pegawai terdiri dari 8 karyawan, pendiri
perusahan terdapat 2 orang atau lebih. Perusahaan ini berencana akan
membagi departemen dengan semuakaryawan sebagai tim dari
teman satu kelas perkuliahan.
|
STRUKTUR ORGANISASI
Gambarkan diagram struktur organisasi pada perusahaan kita.
Dewan
Direksi
Wildan
Irwanda
|
Manajer
Rahardian
Albani
|
Divisi
Pemasaran
Noldy
Febby
|
Divisi
Regional
Rendy
Rizky
|
Divisi Pendukung
Rinto Irawan
|
Divisi Pendukung
Rian Aditama
|
Divisi Pendukung
Ridho Nastainullah
|
Divisi Pendukung
Tri Ardi
|
TIM MANAJEMEN
Buatlah daftar anggota manajemen
perusahaan. Termasuk ringkasan untuk latar belakang dan pengalaman mereka, serta jelaskan fungsi mereka dalam perusahaan.
·
Wildan Irwanda posisi sebagai Dewan Direksi memiliki
peran untuk memimpin dan menentukan arah perusahaah, menentukan kebijakan
yang dilaksanakan perusahaan
·
Rahardian Albani posisi sebagai Manajer bertugas memimpin secara menyeluruh
pada bidang manajerial yang dibidanginya
·
Noldy
Febby posisi sebagai Divis Pemasaran menetapkan prosedur
operasional Informasi yang lebih efisien, melaporkan hasil kerja kepada
direktur secara berkala.
·
Rendy
Rizky posisi sebagai Divisi Regional mengelola asset untuk
menjalankan bisnis secara benar sesuai arah perusahaan, menyepakati target
kinerja dengan direksi.
·
Ridho Nastainullah,Rian Aditama,Rinto Irawan,Tri ardi posisi sebagai
divisi pendukung yang bekerja sebagai tim pendukung dari segala jenis
bidang yang ada dalam perusahaan yang menangani hampir setiap bagian yang
ada.
|
KESENJANGAN TIM MANAJEMEN
Identifikasi jenis ketrampilan yang belum
dimiliki tim dan jelaskan bagaimana
perusahaan akan mengatasinya. Misalnya,
siapa
yang akan
meneyediakan saran
atau konsultasi hukum dan pajak.
Jenis keterampilan yang belum dimiliki tim
perusahaan adalah di bagian Komite Audit dan Internal Audit. Perusahaan
akan mengatasi dengan membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi bagian
Komite Audit dan Internal Audit.
|
PERTIMBANGAN TIM MANAJEMEN LAINNYA
Jelaskan criteria
lain yang mempengaruhi
operasi bisnis
kita. Misalnya, apakah manajemen atau pegawai memiliki persetujuan “tidak-bersaing” dengan pesaing? Juga, Identifikasi anggota
dewan direksi (jika
ada) dan jelaskan kontribusinya dalam menjalankan bisnis. Selain itu, buat daftar pemegang saham utama dan jelaskan peranan
mereka dalam
Hal yang mempengaruhi operasi bisnis perusahaan
sampai saat ini tidak ada, karena pihak pegawai dan atasan sangat setuju
dengan keputusan yang ada dan saling menerima masukan antara kedua bela
pihak. Tugas dari dewan direksi dalam menjalankan bisnis adalah mengelola
usaha perseroan sesuai anggaran dasar. Secara formal direksi mengadakan
tiga kali rapat direksi untuk melakukan evaluasi kinerja operasional dan
keuangan perseroan, serta meninjau strategi dan hal-hal penting lainnya.
Selain itu beberapa pertemuan informal juga diadakan guna membahas dan
menyetujui hal-hal yang membutuhkan perhatian dengan segera.
|
ANALISIS
KEUANGAN
Jelaskan atribut keuangan utama perusahaan kita, misalnya proyeksi aliran kas, dan keuntungan bersih
untuk tiga tahun kedepan; return on investment; atau
internal rate of return. Jelaskan fluktuasi yang
mungkin terjadi dari penjualan musiman.
Dalam analisi keuangan perusahan ini, dikarenakan
perusahaan bergerak dibidang jasa periklanan jadi dana aliran kas akan
berjalan sesuai dengan klien yang memakai jasa kami. Dimana perkiraan
ukeuntungan bersih tiga tahun kedepan adalah 100% denganfluktuasi penjualan
yang tidak menentu setiap bulannya, tetapi perusahan kami menargetkan untuk
2 iklan setiap bulan untuk proyek kerja
sehingga perusahaan dapat berjalan dengan semestinya.
|
RENCANA KEUANGAN
Sepanjang proyeksi pro forma, kita perlu meringkas point-point
penting dari rencana atau strategi keuangan kita. Rincilah
bagaimana kita Specify how you merencanakan keuangan
kita.
Dalam rencana keuangan ini akan dirincikan berapa besar
modal utama dalam membangun sebuah perusahaan sebagai berikut :
·
Biaya untuk perangakat kerja seperti komputer
·
Biaya perawatan dan fasilitas kerja
|
KAPITALISASI DAN BIAYA START-UP
Bagian ini mencakup
biaya
start-up dan tabel kapitalisasi.
Ringkaslah informasinya
dalam tabel tersebut dalam paragraph awal Garis
bawahi total
biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kita, identifikasi asset
utama perusahaan, dan/atau
daftar pemilik dan investasi
Barang
|
Jumlah
|
Harga
Satuan
|
Harga
|
Kabel UTP
|
1 Roll/305 Meter
|
Rp.330.000
|
Rp.330.000
|
RJ-45
|
1 Pack/100 Buah
|
Rp.26.500
|
Rp.26.500
|
Cisco Aironet
Access Point
|
1 Buah
|
Rp.6.900.000
|
Rp.6.900.000
|
Cisco SRW224G4
Switch
|
1 Buah
|
Rp.4.500.000
|
Rp.4.500.000
|
Cisco ISR 4321
Router
|
1 Buah
|
Rp.15.200.000
|
Rp.15.200.000
|
IndiHome 100
mbps
|
1 Buah
|
Rp.1.750.000
|
Rp.1.750.000
|
Crimping Tool
|
2 Buah
|
Rp.30.000
|
Rp.60.000
|
LAN Tester
|
2 Buah
|
Rp.34.000
|
Rp.68.000
|
Printer
Kantor
|
4 Buah
|
Rp.1.500.000
|
Rp.6.000.000
|
Printer
Product
|
1 Buah
|
Rp.36.000.000
|
Rp.36.000.000
|
PC Grafik
|
7 Buah
|
Rp.7.382.000
|
Rp.51.674.000
|
Wireless
Adapter
|
8 Buah
|
Rp.182.000
|
Rp.1.456.000
|
PC Server
|
1 Buah
|
Rp.21.197.000
|
Rp.21.197.000
|
Total
|
|
|
Rp.145.161.500
|
Catatan
: Jasa yang kami jual banyak bentuknya jdai untuk Laporan Penjualan tergantung
dari pemesanan yang ditawarka ke perusahaan kami.Berikut ringkasan jasa :
·
Jasa 1 adalah kelompok iklan TV
·
Jasa 2 adalah kelompok iklan Radio
·
Jasa 3 adalah kelompok jasa Papan Iklan
LAPORAN KEUANGAN
Penjualan tahun pertama
Bulan
|
Januari
|
februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Jasa 1
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 2
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 3
|
|
|
|
|
|
|
Bulan
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 1
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 2
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 3
|
|
|
|
|
|
|
Penjualan tahun
kedua
Bulan
|
Januari
|
februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Jasa 1
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 2
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 3
|
|
|
|
|
|
|
Bulan
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 1
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 2
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 3
|
|
|
|
|
|
|
Penjualan tahun
ketiga
Bulan
|
Januari
|
februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Jasa 1
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 2
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 3
|
|
|
|
|
|
|
Bulan
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 1
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 2
|
|
|
|
|
|
|
Jasa 3
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment