widget

Monday, December 28, 2015

Laporan Akhir Lab TI " SIAK "



LAPORAN AKHIR



Mata Praktikum        : Sistem Informasi Akutansi Keuangan (SIAK)
Kelas                          :  2IA07
Praktikum Ke-           :  1
Tanggal                     : 10-10-2015
Materi                        : Pengenalan MYOB
Npm                            : 59414447
Nama                         : Rinto Irawan
Ketua Asisten           : Bhakti
Nama Asisten           :
Paraf Asisten            :
Jumlah Lembar        :  18  Lembar





LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015


A.   PEMBAHASAN MATERI  DAN LOGIKA PROGRAM
Pada pembahasan praktikum kali ini  kita akan membuat data Perusahaan Baru Pada Aplikasi MYOB Premier V12,Memperaktikan Penggunaan NEW,EDIT,dan DELETE Accounts List Berdasarkan file “ Data SIAK 1 “ dan terakhir adalah Mengubah Currency dari Singapore Dollar menjadi Indonesia Rupiah.
1.    Membuat data Perusahaan Baru Pada Aplikasi MYOB Priemier V12.

v  Pada saat kita pertamakali membuka Aplikasi MYOB Priemier V12 akan muncul tampilan seperti berikut ,lalu pilih Create.

 
Gambar 1.1 Tampilan Muka MYOB.

Kenapa kita Memilih Tombol Create karena kita akan membuat sebuah data Perusahaan Baru . Sehingga kita menekan tombol Create yang mana  berfungsi  untuk membuat data baru dimana didalamnya  akan tersedia panduan Prosesnya.

v  Setelah kita menekan tombol Create , lalu ikuti Perintah yang tertera pada tampilan berikut . Dan Klik Tombol Next.

Gambar 1.2 Tampilan Introduction MYOB.
v  Kemudian,setelah Mengklik tombol Next untuk Meneruskan proses Creating berikutnya,akan muncul kotak dialog Company Information.Isikan data perusahaan Anda seperti pada contoh berikut.
Gambar 1.3 Tampilan New Company Information.
Ketika muncul tampilan seperti gambar diatas maka kita harus mengisinya sesuai data Perusaan yang kita miliki. Contohnya seperti gambar berikut:
Gambar 1.4 Tampilan New Company Information setelah diisi dengan data perusaan.

Diatas adalah Gambar ketika kita telah mengisi data perusahaan yang kita Miliki berupa PT Bangun Sejahtera. Pada UEN  terdiri dari angka,karakter  Kapital dan hanya terdiri dari 9 space saja . Apabila  lebih Karakter atau angka dan bukan Karakter kapital yang di input, maka akan muncul peringatan seperti berikut segera setelah kita mengklik Tombol Next.

Gambar 1.5 Tampilan New Company Information dengan salah inputan UEN.

v  Setelah selesai,klik Next untuk meneruskan poses pengisian info tentang tahun fiskal akutansi pembukuan, seperti tampak pada gambar berikut.

Gambar 1.6 Tampilan Tahun Fiskal Akutansi yang Dijalani.

Pada Bagian ini kita dapat menentukan Periode dari tahun Fiskal Akutansi yang dijalani bedasarkan tahun akutansi yang kita inginkan. Dan kita juga dapat menentukan  kapan bulan awal dan akhir dari data keuangan sesuai yang kita kehendaki.
v  Klik Next dan MYOB akan Mengkonfirmasi ulang data tahun fiskal akutansi perusahaan yang baru saja di masukkan.Jika ada kekeliruan,Anda bisa mengklik Back untuk memperbaikinya,tetapi jika anda yakin bahwa datanya sudah benar klik Next.
Gambar 1.7Tampilan Konfirmasi Ulang Tahun Fiskal Akutansi yang Dipilih.

v  Bagian berikutnya adalah bagian Account List,dimana kita harus memilih salah satu pilihan yang telah tersedia untuk melanjutkan langkah membuat data perusahaan.

Gambar 1.8 Tampilan Account List
Pada bagian ini pilihlah I Would like to build my own accounts list once i begin using MYOB Premier.
v  Setelah tahapan Account List selesai kita akan masuk kebagian Company File,pada bagian ini kita akan menentukan tempat atau direktori penyimpanan tempat file MYOB akan disimpan pada komputer pengguna.
Gambar 1.9 Tampilan Company File
Jika Lokasi penyimpanan sudah sesuai dengan tempat yang kita mau maka secara otomatis nama file akan tersimpan  sesuai dengan nama perusahaan yang kita buat .
v  Klik Next untuk meneruskan proses hingga tampil kotak dialog Setup Assistant dan Command Centre seperti berikut.

Gambar 1.10 Tampilan Conclusion
v  Kemudian ,klik Command Centre hingga muncul tampilan seperti berikut.

Gambar 1.11 Tampilan Conclusion

Command Centre adalah pusat perintah semua Content (isi) yang disediakan oleh MYOB. Dalam hal ini adalah menu Accounts, Banking, Sales, Time Billing, Purchases, Inventory, dan Card File.
Setup Assistant adalah fitur yang membantu kita untuk mengendalikan beberapa fungsi Contents pada Command Centre,seperti Customise,Accounts, Sales, dan Purchases. Jika Anda mengirimkan beberapa perubahan cara kerja pada beberapa Contents tersebut,maka klik fungsi tersebut. Namun, fungsi yang lazim digunakan sudah sesuai dengan Setup yang sudah aktif dan karenanya tidak perlu diubah lagi

v  Setelah semua tahap untuk membuat Data perusahaan baru telah kita Lakukan ,Anda dapat mencoba Pengoprasian MYOB dengan Cara mengklik bagian Accounts Pada Command Centre.dimana kita akan belajar bagaimana cara menginput sebuah data dan mempelajari setiap bagian dari menu-menu yang tersedia. Pilihlah Account List untuk memulai Penginputan Data.



2. Mempraktikan Penggunaan NEW , EDIT, dan DELETE Accounts List Berdasarkan file “ Data SIAK 1 “
Gambar 2.1 Tampilan Accounts

Pada Bagian ini kita akan memulai mempraktikan penggunaan dari perintah New,Edit,Delete dan sebagainnya,yang perlu kita lakukan adalah menyediakan data yang akan di Input .Dalam hal ini  adalah “ Data SIAK 1 “,seperti gambar berikut :
Gambar 2.2 Tampilan Data Yang Akan Di Input
v  Untuk memulai program kita harus Mengklik Account List hingga muncul tampilan sebagai berikut .
Gambar 2.3 Tampilan Accounts List
Pada Tampilan Tersebut,semua Rekening masih original dari referensi MYOB. Nah Kini kita akan memasukan data sesuai dengan data yang ada pada “ Data SIAK 1 “ .Karena pada Accounts List masih original maka kita akan menambahkan data baru pada Accounts List seperti contohnya 1-1000. Dengan cara sebagai berikut :
              Klik New
          Gambar 2.3 Tampilan  New Accounts
Setelah itu,tampilan berikut akan segera muncul.
Gambar 2.4 Tampilan  Edit Accounts
Setelah muncul tampilan Edit Accounts, isikan nomor Account-nya,lalu tekan Enter. Isikan pula Rekeningnya  dengan Nama Rekening Aktiva Lancar dan dengan Accounts Number 1-1000,Type Header hingga Terlihat tampilan seperti berikut .
Gambar 2.5 Tampilan  Edit Accounts Setelah di isi dengan Account baru
v  Kemudian,klik OK, Pada tampilan Accounts List akan terlihat perubahan dimana sudah ada account baru.
Gambar 2.6 Tampilan Accounts List Setelah ada Penambahan Rekening Baru
Pada gambar diatas kita telah menginput data rekening baru yaitu AKTIVA LANCAR tetapi pada Account Number 1- 0000 belum terbubah menjadi Aktiva sesuai perintah pada “ Data SIAK 1 “ maka kita harus meng-Editnya terlebih dahulu sebelum kita melanjutkan ke Account lain, kita dapat mengedit 1-0000 dengan langkah sebagai berikut.
v  Letakan kursor pada baris bagian yang akan di edit pada kasus ini adalah baris 1-0000 pada Account List ,lalu ganti Account Name dengan Nama AKTIVA ,kemudian Klik  Tombol Edit seperti gambar berikut .

Oval: Klik Edit 
              Gambar 2.7 Tampilan Cara mengEdit Data Rekening yang ada

            Gambar 2.8 Tampilan Account Rekening 1-0000 yang telah di edit

Pada Kedua gambar diatas kita dapat melihat perbedaan yang sangan signifikan pada gambar 2.7 ke gambar 2.8 dimana kita telah mengedit Assets menjadi AKTIVA.

v  Kemudian bila terjadi suatu kesalahan dalam menginput data semisal,kelebihan Account Number . Kita dapat mendelete Accounts pada Account List dengan cara yang mudah dan Praktis. Kita dapat mempraktikannya pada  bagian Expense pada Account List dengan tahapan sebagai berikut.
Gambar 2.9 Tampilan Expense sebagai contoh Perintah Delete

1.    Letakan kursor pada baris yang akan di delete(6-1000),
2.    Klik double pada Baris tersebut ,hingga muncul tampilan Edit Account sebagai berikut :
Gambar 2.10 Tampilan Perintah Delete

Pada saat kita menekan sub menu Delet Account maka Account dengan Number 6-1000 akan secara otomatis terhapus dari Accouns List,seperti pada tampilan gambar berikut , yang menunjukan bahwa number 6-1000 telah terhapus.
Gambar 2.11 Tampilan Expense pada Account List

Pada gambar 2.11 diatas terbukti bahwa account Number 6-1000 telah terhapus secara otomatis sesaat setelah kita menekan Tombol Perintah Delete Account sebelumnya.
3.    Mengubah Currency dari Singapore Dollar menjadi Indonesia Rupiah.
Sebelum Kita Menginput Semua “ Data SIAK 1 “ kita harus mengubah Currecy atau Nilai Mata Uang yang kita akan gunakan,dimana kita menggunakan Mata uang Indonesia yaitu IDR.
1.    Posisikan Kita Pada Menu Account List
Gambar 3.1 Tampilan Account List



2.    Kemudian Klik Menu List Pada Menu Bar,Pilih Currencies

Gambar 3.2 Tampilan Menu List

v  Pada Bagian Ini pilihlah Currencies ,hingga muncul tampilan seperti berikut.

Gambar 3.3 Tampilan Currencies List



3.    Carilah Currency Singapore Dollars (Local) dan kemudian ubahlah menjadi Indonesia Rupiah atau IDR. Dengan cara klik Double  pada baris Currency Singapore atau Klik tombol edit pada bagian bawah tampilan gambar.Hingga muncul menu Currency Information seperti berikut.
Gambar 3.3 Tampilan Currency Information
v  Kemudian Klik Ok maka Balance akan berubah menjadi Rupiah,seperti gambar berikut.
Gambar 3.4 Tampilan Accounts List yang Balancenya Telah diubah Menjadi Rupiah
Setelah Semua Tahapan Pengaturan telah terselesaikan maka sekarang adalah saatnya menginput data secara keseluruhan mulai dari Assets,Liability dan equity ,
Gambar 3.5 Tampilan Accounts List (Assets)
Gambar 3.6 Tampilan Accounts List (Liability)
Pada bagian Liabillity jelas terlihat terdapat Account Number 2-9999 yang mana seharusnya merupadakan Header dan memiliki Account Number 2-1000 yang disebabkan karena adanya  Linked  Account  dan membuat Aktiva Lancar tidak dapat dibuat sebagai Header,Penjelasan selengkapnya tentang Linked Account  akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Gambar 3.5 Tampilan Accounts List (Equity)
B.   OUTPUT

1 comment: