“ILMU
SOSIAL DASAR”
TUGAS : ILMU SOSIAL DASAR
NAMA : RINTO IRAWAN
KELAS : 1IA01
NPM : 59414447
JURUSAN : TEKNIK INFORMATIKA
1.
ILMU
SOSIAL DASAR SEBAGAI KOMPONEN MKDU
a.
Ilmu-ilmu
sosial dasar
Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah
philosophia (filsafat) . Baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial ditilik
dari pengembangannya bermula dari ilmu
filsafat . Dari ilmu filsafat itu sendiri kemundian lahir 3 cabang ilmu penetahuannya :
1) Natural Science ( ilmu-ilmu alamiah ),meliputi
: fisika,kimia,astronomi,biologi,botani dan lain-lain.
2) Social science ( ilmu-ilmu sosial ),terdiri
dari : sosiologi,ekonomi,politik,antropologi,sejarah,psikologi,geografi,dan
lain-lain.
b.
ISD
Sebagai MKDU
Mata
kuliah dasar umum di perguruan tinggi di indonesia dikelompokan menjadi 2 ( dua
) bagian .kelompok pertama di harapkan memberi dasar pedoman – pedoman untuk
bertindak sebagai warga negara yang terpeajar, yang meliputi
mata kuliah :
1) Agama
2) Pancasila
3) Pendidikan
sejarah perjuangan bangsa
4) Kewiraan
Keempat mata kuliah pertama tersebut merupakan mata
kuliah intra kurikuler yang di wajibkan kepada semua mahasiswa, yang dinilai
dan ikut menentukan kenaikan tingkat,Jenjang pendidikan dan ujian – ujian.
Kelompok kedua diharapkan dapat membantu kepekaan mahasiswa, berkenaan dengan
lingkungan alamiah, lingkungan sosial dan lingkungan budaya,yang meliputi mata
kuliah :
1) Ilmu Alamiah Dasar ( IAD )
2) Ilmu Sosial Dasar ( ISD )
3) Ilmu Budaya Dasar ( IBD )
c.
TUJUAN
MKDU
Secara
spesifik program Mata Kuliah Dasar Umum
, bertujuan menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagai
berikut :
a. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , besikap dan
bertindak sesuai ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk
agama lain;
b. Memiliki
wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa , sehingga dapat memperkuat semangat
kebangsaan, memperkuat rasa cinta Tanah Air ,meningkatkan kesadaran berbangsa
dan bernegara,mempertinggi kebanggan nasional dan kebanggan sebagai sarjana Indonesia.
c.
Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan
serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki intregritas
kepribadian yang tinggi yang
mendahulukan kepentingan Nasional dan kemanusiaaan sebagai sarjana Indonesia.
d. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang
kehidupan bermasyarakat dan secara bersama –sama mampu berperan serta
meningkatkan kualitasnya , maupun tentang lingkuan alamiah serta secara bersama-sama berperan serta didalam
pelestariannya.
e. Memiliki
wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan
baik sosial, ekonomi ,politik,pertahanan maupun kebudayaan.
1.1
PENGERTIAN,TUJUAN, ISD DAN IPS
a.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Di indonesia IPS menjadi salah satu mata pelajaran
dalam pembahruan kurikulum SD, SMPT dan SMTA dalam kurun waktu 1975 - 1976, dan
masih berlangsung hingga sekarang ini.
IPS (Social Studies atau Ilmu Pengetahuan Sosial) itu sendiri adalah paham studi sosial yang bukan
merupakan suatu disiplin ilmu pengetahuan atau merupakan paduan (fusi) dari
sejumlah mata pelajaran sosial. Materi
IPS adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan
dan pengajaran pada tingkat sekolah
dasar dan menengah ( elementary and secondary school).
IPS bertujuan sebagai paham studi sosial yang
dipergunakan bagi keperluan pendidikan dan pengajaran,dan bukan merupakan suatu
disiplin ilmu yang mandiri. Dengan begitu,tandaslah sudah bahwa IPS ialah
ilmu-ilmu sosial yang dipilih dan disesuaikanbagi penggunaan program pendidikan
.
b.
Ilmu
Sosial Dasar
Basic Sosial Science atau ilmu-ilmu sosial dasar
(ISD) adalah gabungan dari bermacam-macam disiplin ilmu-ilmu sosial yang
dipergunakan dalam pendekatan,sekaligus sebagai sarana untuk mencari jalan
keluar dalam pemecahan masalah yang atauberkembang dalam kehidupan masyatrakat
dan ISD juga disebut sebagai suatu program pembelajaran baru yang dikembangkan di
perguruan tinggi yang mana bukanlah suatu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri
melaikan suatu aspek-aspek dasar dalam kehidupan manusia.
Dengan begitu antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu sosial dasar (ISD) tidak
terdapat peredaan yang prinsipil.kalau ips di programkan untuk tujuan
pendidikan dan pengajaran pada tingkat Mata Kuliah Sekolah Dasar Umum (MKDU) di
Perguruan Tinggi.
Tujuan ilmu sosial dasar ialah membantu perkembanga
wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan
dari setiap anggota golongan terpelajar indonesia,khususnya berkenaan dengan
sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi
manusia-manusia lain serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap
manusia yang bersangkutan.
1.2
ILMU SOSIAL DASAR (ISD) dan ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
a) Latar Belakang ISD
Latar belakang diberikannya ilmu sosial dasar (ISD)
dimulai banyaknya kritik-kritik yang di tunjukan pada sistem pendidikan di
perguruan tinggi Oleh sejumlah cendikiawan terutama sarjana pendidikan, sosial
dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan yang tengah berlangsung saat
ini,berbau kolonial dan masih merupakan warisan pendidikan pemerintah belanda,
yaitu kelanjutan dari “ politik bebas budi” (etische politiek) yang di anjurkan oleh Conrad Theodor Van Deventer,bertujuan
menghasilkan tenaga-tenaga trampil untuk menjadi “tukang-tukang” yang mengisi
birokrasi mereka di bidang aministrasi,pedagang,teknik, dan keahlian lain dalam
tujuan ekploitasi kekayaan negara.
b) Latar Belakang IPS
Dalam dunia pengajaran,ilmu-ilmu
sosial telah mengalami perkembangan sehingga timbullah paham studi sosial (
social studies ),atau di indonesia disebut Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) . Paham
studi sosial berkembang dan berpengaruh terhadap program kurikulum pada
sekolah-sekolah di amerika serikat sejak tahun 1940-an sampai sekarang. IPS merupakan gabungan dari berbagai didiplin
ilmu sepeti ,Geografi, Sejarah ,Sosiologi,Antropologi,Psikologi Sosial,Ilmu
Politik,Ilmu Hukum dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Dapat disimpulkan bahwa Ilmu
Sosial menjadi ilmu dasar IPS akan tetapi dicamkan bahwa tidak semua ilmu-ilmu
sosial dapat menjadi bahan/pokok bahasan dalam IPS.
c) Perbedaan dan Persamaan ISD dan IPS
§ Adapun
persamaan antara ISD dan IPS adalah :
1.
Dalam prakteknya dipergunakan sebagaialat pendekatan
dan pemecahan problema-problema yang timbul dan berkembang dalam masyarakat.
2.
Merupakan materi pembelajaran untuk kepentingan
kehidupan sosial dalam dunia pendidikan dan masyarakat.
3.
Mempunyai misi memberikan kemampuan teoristis ilmiah
pada ilmu tertentu yang bersifat subject-oriented.
4.
Bukanlah suatu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri (
tidak mandiri )
§ Adapun
perbedaan antara ISD DAN IPS adalah :
NO
|
ILMU
SOSIAL DASAR (ISD)
|
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
|
1
|
ISD adalah suatu program pembelajaran baru yang
dikembangkan ditingkat perguruan tinggi sebagai MKDU.
|
IPS adalah ilmu-ilmu sosial yang
disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan
pengajaran pada tingkat sekolah dasar dan menengah .
|
2
|
Tujuan ilmu sosial dasar ialah
membantu perkembanga wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar
memperoleh wawasan pemikiran yang
lebih luas .
|
IPS bertujuan sebagai paham studi sosial yang
dipergunakan bagi keperluan pendidikan dan pengajaran pada
tingkat sekolah dasar dan menengah ( elementary and secondary school) .
|
(
Tabel Perbedaan ISD dan IPS )
1.3
RUANG LINGKUP ISD
Bedasarkan Konsorsium antar bidang,maka Perkuliah
Ilmu Sosial Dasar dibagi kedalam 8 (delapan) Pokok Bahasan (masing-masing dengan sub pokok bahasan),sehingga
dari perkuliaahan tersebut kepada mahasiswa di harapkan :
1. Mempelajari
dan menyadari adanya berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Mempelajari
dan menyadari adanya masalah-masalah individu,keluarga,masyarakat.
3. Mengkaji
masalah-masalah kependudukan dan sosialisasi serta menyadari identitasnya
sebagai pemuda dan mahasiswa.
4. Mempelajari
hubungan antara warga negara dan negara.
5. Mempelajari
antara lapisan sosial dan persamaan derajat.
6. Mempelajari
masalah-masalah yang di hadapi oleh masyarakat perkotaan dan masyarakat
pedesaan.
7. Mempelajari
dan menyadari adanya pertentangan-pertantangan sosial bersamaan dengan adanya
integrasi masyarakat.
8. Mempelajari
usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh manusia untuk
memanfaatkan kemakmuran dan pengurangan kemiskinan.
KUIS
1) Tiga
cabang ilmu pengetahuan yang berkembang terus sejalan dengan kepentingan
manusia,yaitu....
a. Natural Science,Social Studies dan Humanities
b. Social
Science,Humanities dan Natural Science
c. Basic Social Sciece,Social Sudies dan Humanities
d. Sosial
dan alamiah
Jawaban : B
2) Mata
kuliah yang diharapkan dapat membantu kepekaan mahasiswa,berkenaan dengan
lingkungan alamiah,lingkungan sosial, dan lingkungan budaya secara
berurutan adalah....
a.
IBD,ISD DAN IAD
b. ISD,
IBD DAN IAD
c. IAD,ISD DAN IBD
d. A dan B
benar
Jawaban : C
3) Sumber
dari semua ilmu pengetahuan adalah....
a. Filsafat
b. Filsuf
c. Basic Sosial Dasar
d. Semua
benar
Jawaban : A
4) Di
indonesia IPS menjadi salah satu mata pelajaran dalam pembahruan kurikulum SD,
SMPT dan SMTA sejak tahun....
a. 1978
b. 1965
c. 1975
d. 1945
Jawaban : C
5) Ilmu-ilmu
sosial ( sosial science ) adalah....
a. Ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan
b. Penjumlahan
dari macam-macam ilmu-ilmu sosial
c. Ia bukanlah penjumlahan dari macam-macam ilmu-ilmu sosial
d. A dan C
benar
Jawaban : B
DAFTAR
PUSTAKA
1. Ali
Amran Udin (almarhum),” Ilmu Pegetahuan Sosial Dan Ilmu Sosial Dasar, Forum Pendidikan,
IKIP Jakarta, Desember 1976,hal. 47.
2. A.W
Widjaja, Ilmu Sosial Dasar, Pedoman Pokok-Pokok Bahasan dan Satuan Acara
Perkuliahan Mata Kuliah Dasar Umum, Penerbit Akademika Pressindo, Jakarta,,
1986, halaman 30 – 31.
3. Drs.
Ahmadi Abu,” Ilmu Sosial Dasar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta 2009.
4. Drs.
Wahyu MS. Wawasan Ilmu Sosial Dasar, Usaha Nasional, Surabaya, 1986 hal. 15
5. Konsorsium
Antar Bidang ( Kumpulan Pedoman Umum ), Proyek
Pengembangan Pendidikan Tinggi, 1983 , halaman 116 – 126.
No comments:
Post a Comment