widget

Sunday, September 28, 2014

BAB I.ISD SEBAGAI MKDU



“ILMU SOSIAL DASAR”



TUGAS : ILMU SOSIAL DASAR


NAMA : RINTO IRAWAN
KELAS : 1IA01
NPM : 59414447
JURUSAN : TEKNIK INFORMATIKA



1.                 ILMU SOSIAL DASAR  SEBAGAI KOMPONEN  MKDU

a.     Ilmu-ilmu sosial dasar

Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah philosophia (filsafat) . Baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial ditilik dari pengembangannya  bermula dari ilmu filsafat . Dari ilmu filsafat itu sendiri kemundian lahir  3 cabang ilmu penetahuannya :
1)     Natural Science ( ilmu-ilmu alamiah ),meliputi : fisika,kimia,astronomi,biologi,botani dan lain-lain.
2)     Social science ( ilmu-ilmu sosial ),terdiri dari : sosiologi,ekonomi,politik,antropologi,sejarah,psikologi,geografi,dan lain-lain.
3)    Humanities ( ilmu-ilmu budaya ),meliputi: bahasa,agama,kesusastraan,keseniaan dan lain-lain.


b.    ISD Sebagai MKDU

Mata kuliah dasar umum di perguruan tinggi di indonesia dikelompokan menjadi 2 ( dua ) bagian .kelompok pertama di harapkan memberi dasar pedoman – pedoman untuk bertindak  sebagai  warga negara yang terpeajar, yang meliputi mata kuliah :
1)     Agama
2)    Pancasila
3)    Pendidikan sejarah perjuangan bangsa
4)    Kewiraan

Keempat mata kuliah pertama tersebut merupakan mata kuliah intra kurikuler yang di wajibkan kepada semua mahasiswa, yang dinilai dan ikut menentukan kenaikan tingkat,Jenjang pendidikan dan ujian – ujian.
Kelompok kedua diharapkan dapat membantu  kepekaan mahasiswa, berkenaan dengan lingkungan alamiah, lingkungan sosial dan lingkungan budaya,yang meliputi mata kuliah :
1)     Ilmu Alamiah Dasar ( IAD )
2)     Ilmu Sosial Dasar ( ISD )
3)     Ilmu Budaya Dasar ( IBD )

c.      TUJUAN MKDU 

 Secara spesifik program  Mata Kuliah Dasar Umum , bertujuan menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
a.      Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , besikap dan bertindak sesuai ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain;
b.     Memiliki wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa , sehingga dapat memperkuat semangat kebangsaan, memperkuat rasa cinta Tanah Air ,meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara,mempertinggi kebanggan nasional dan kebanggan  sebagai sarjana Indonesia.
c.       Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki intregritas kepribadian yang tinggi  yang mendahulukan kepentingan Nasional dan kemanusiaaan sebagai sarjana Indonesia.
d.      Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama –sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya , maupun tentang lingkuan alamiah serta  secara bersama-sama berperan serta didalam pelestariannya.
e.      Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, ekonomi ,politik,pertahanan maupun kebudayaan.
  


1.1 PENGERTIAN,TUJUAN, ISD DAN IPS

a.      Ilmu Pengetahuan Sosial

Di indonesia IPS menjadi salah satu mata pelajaran dalam pembahruan kurikulum SD, SMPT dan SMTA dalam kurun waktu 1975 - 1976, dan masih berlangsung hingga sekarang ini.  IPS (Social Studies atau Ilmu Pengetahuan Sosial) itu sendiri  adalah paham studi sosial yang bukan merupakan suatu disiplin ilmu pengetahuan atau merupakan paduan (fusi) dari sejumlah mata pelajaran sosial.  Materi IPS adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan  pengajaran pada tingkat sekolah dasar dan menengah ( elementary and secondary school).
IPS bertujuan sebagai paham studi sosial yang dipergunakan bagi keperluan pendidikan dan pengajaran,dan bukan merupakan suatu disiplin ilmu yang mandiri. Dengan begitu,tandaslah sudah bahwa IPS ialah ilmu-ilmu sosial yang dipilih dan disesuaikanbagi penggunaan program pendidikan .

b.    Ilmu Sosial Dasar

Basic Sosial Science atau ilmu-ilmu sosial dasar (ISD) adalah gabungan dari bermacam-macam disiplin ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan,sekaligus sebagai sarana untuk mencari jalan keluar dalam pemecahan masalah yang atauberkembang dalam kehidupan masyatrakat dan ISD juga disebut sebagai suatu program pembelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi yang mana bukanlah suatu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri melaikan suatu aspek-aspek dasar dalam kehidupan manusia. Dengan begitu antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu sosial dasar (ISD) tidak terdapat peredaan yang prinsipil.kalau ips di programkan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran pada tingkat Mata Kuliah Sekolah Dasar Umum (MKDU) di Perguruan Tinggi.
Tujuan ilmu sosial dasar ialah membantu perkembanga wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan  pemikiran yang lebih luas  dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar indonesia,khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi  manusia-manusia lain serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.


1.2 ILMU SOSIAL DASAR (ISD) dan ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)


a)    Latar Belakang ISD

Latar belakang diberikannya ilmu sosial dasar (ISD) dimulai banyaknya kritik-kritik yang di tunjukan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi Oleh sejumlah cendikiawan terutama sarjana pendidikan, sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan yang tengah berlangsung saat ini,berbau kolonial dan masih merupakan warisan pendidikan pemerintah belanda, yaitu kelanjutan dari “ politik bebas budi”  (etische politiek) yang  di anjurkan oleh Conrad Theodor Van Deventer,bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga trampil untuk menjadi “tukang-tukang” yang mengisi birokrasi mereka di bidang aministrasi,pedagang,teknik, dan keahlian lain dalam tujuan ekploitasi kekayaan negara.

b)    Latar Belakang IPS

Dalam dunia pengajaran,ilmu-ilmu sosial telah mengalami perkembangan sehingga timbullah paham studi sosial ( social studies ),atau di indonesia disebut Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) . Paham studi sosial berkembang dan berpengaruh terhadap program kurikulum pada sekolah-sekolah di amerika serikat sejak tahun 1940-an sampai sekarang.  IPS merupakan gabungan dari berbagai didiplin ilmu sepeti ,Geografi, Sejarah ,Sosiologi,Antropologi,Psikologi Sosial,Ilmu Politik,Ilmu Hukum dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Dapat disimpulkan bahwa Ilmu Sosial menjadi ilmu dasar IPS akan tetapi dicamkan bahwa tidak semua ilmu-ilmu sosial dapat menjadi bahan/pokok bahasan dalam IPS.





c)     Perbedaan dan Persamaan ISD dan IPS

§  Adapun persamaan antara  ISD dan IPS adalah :

1.     Dalam prakteknya dipergunakan sebagaialat pendekatan dan pemecahan problema-problema yang timbul dan berkembang dalam masyarakat.
2.     Merupakan materi pembelajaran untuk kepentingan kehidupan sosial dalam dunia pendidikan dan masyarakat.
3.     Mempunyai misi memberikan kemampuan teoristis ilmiah pada ilmu tertentu yang bersifat subject-oriented.
4.     Bukanlah suatu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri ( tidak mandiri )

§  Adapun perbedaan antara ISD DAN IPS adalah :

NO
ILMU SOSIAL DASAR (ISD)
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)


1
ISD adalah suatu program pembelajaran baru yang dikembangkan ditingkat perguruan tinggi sebagai MKDU.
IPS adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan  pengajaran pada tingkat sekolah dasar dan menengah .


2
Tujuan ilmu sosial dasar ialah membantu perkembanga wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan  pemikiran yang lebih luas  .
IPS bertujuan sebagai paham studi sosial yang dipergunakan bagi keperluan pendidikan dan pengajaran pada tingkat sekolah dasar dan menengah ( elementary and secondary school) .

( Tabel Perbedaan ISD dan IPS )




1.3 RUANG LINGKUP ISD

    Bedasarkan Konsorsium antar bidang,maka Perkuliah Ilmu Sosial Dasar dibagi kedalam 8 (delapan) Pokok Bahasan  (masing-masing dengan sub pokok bahasan),sehingga dari perkuliaahan tersebut kepada mahasiswa di harapkan :

1.     Mempelajari dan menyadari adanya berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.     Mempelajari dan menyadari adanya masalah-masalah individu,keluarga,masyarakat.
3.     Mengkaji masalah-masalah kependudukan dan sosialisasi serta menyadari identitasnya sebagai pemuda dan mahasiswa.
4.     Mempelajari hubungan antara warga negara dan negara.
5.     Mempelajari antara lapisan sosial dan persamaan derajat.
6.     Mempelajari masalah-masalah yang di hadapi oleh masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7.     Mempelajari dan menyadari adanya pertentangan-pertantangan sosial bersamaan dengan adanya integrasi masyarakat.
8.     Mempelajari usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh manusia untuk memanfaatkan kemakmuran dan pengurangan kemiskinan.



KUIS


1)    Tiga cabang ilmu pengetahuan yang berkembang terus sejalan dengan kepentingan manusia,yaitu....
a.    Natural Science,Social Studies dan Humanities
b.    Social Science,Humanities dan Natural Science
c.     Basic Social Sciece,Social Sudies dan Humanities
d.    Sosial dan alamiah

Jawaban : B

2)     Mata kuliah yang diharapkan dapat membantu kepekaan mahasiswa,berkenaan dengan lingkungan alamiah,lingkungan sosial, dan lingkungan budaya secara berurutan  adalah....
a.     IBD,ISD DAN IAD
b.     ISD, IBD DAN IAD
c.     IAD,ISD DAN IBD 
d.    A dan B benar 

Jawaban : C

3)    Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah....
a.    Filsafat
b.    Filsuf
c.    Basic Sosial Dasar
d.    Semua benar

Jawaban : A

4)    Di indonesia IPS menjadi salah satu mata pelajaran dalam pembahruan kurikulum SD, SMPT dan SMTA sejak tahun....
a.    1978
b.    1965
c.    1975
d.    1945

Jawaban : C

5)    Ilmu-ilmu sosial ( sosial science ) adalah....
a.    Ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan
b.    Penjumlahan dari macam-macam ilmu-ilmu sosial
c.    Ia bukanlah penjumlahan dari macam-macam ilmu-ilmu sosial
d.   A dan C benar 

Jawaban : B




DAFTAR PUSTAKA


1.     Ali Amran Udin (almarhum),” Ilmu Pegetahuan Sosial Dan Ilmu Sosial Dasar, Forum Pendidikan, IKIP Jakarta, Desember 1976,hal. 47.
2.     A.W Widjaja, Ilmu Sosial Dasar, Pedoman Pokok-Pokok Bahasan dan Satuan Acara Perkuliahan Mata Kuliah Dasar Umum, Penerbit Akademika Pressindo, Jakarta,, 1986, halaman 30 – 31.
3.     Drs. Ahmadi Abu,” Ilmu Sosial Dasar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta 2009.
4.     Drs. Wahyu MS. Wawasan Ilmu Sosial Dasar, Usaha Nasional, Surabaya, 1986 hal. 15
5.     Konsorsium Antar Bidang ( Kumpulan Pedoman Umum ), Proyek Pengembangan Pendidikan Tinggi, 1983 , halaman 116 – 126.

No comments:

Post a Comment